Communication for Change (C4C) mengadakan survei opini publik bersama Transparency International Indonesia (TII) untuk memahami pandangan masyarakat terhadap pendanaan partai politik di Indonesia. Penelitian ini bertujuan menggali sejauh mana pemahaman masyarakat awam tentang pendanaan partai, serta sentimen mereka terhadap isu tersebut.
Survei opini publik dilakukan secara daring pada November 2021 menggunakan platform Google Surveys. Sebanyak 501 responden berpartisipasi dalam survei ini. Pemilihan responden dilakukan dengan metode convenience sampling, dan disesuaikan dengan proporsi populasi pengguna internet usia 18 tahun ke atas di Indonesia. Karena topik politik dianggap sensitif, hampir semua pertanyaan menyertakan opsi “tidak mau menjawab”, sesuai dengan kebijakan Google Surveys.
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat sipil. Temuan ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mendorong keterlibatan publik untuk menuntut transparansi dalam sistem pendanaan partai politik. Dengan meningkatnya transparansi terhadap sumber pendanaan partai, diharapkan praktik korupsi politik di Indonesia dapat berkurang.


